Pentingkah Body Coating Mobil?

Sering mendengar istilah body coating mobil? Bagi para pecinta otomotif tentu istilah ini tidaklah asing. Namun apakah kita sudah memahami artinya? Coating adalah memberikan lapisan tambahan pada bagian luar mobil, dengan tujuan melapisi cat luar. Dengan demikian, bagian luar mobil akan terlihat selalu mengkilat dan juga nampak bersih.

Untuk melakukan body coating mobil, kita bisa melakukannya di bengkel detailing atau salon mobil yang memiliki kemampuan untuk melakukannya. Biasanya, coating mobil ini dilakukan oleh mereka yang memang memiliki hoby otomotif serta menjaga penampilan mobil selalu tetap menarik.

Manfaat Coating

  1. Efek Daun Talas

Salah satu musuh abadi cat adalah air, terutama air hujan. Keberadaan air yang menempel pada bagian body mobil jika dibiarkan dalam jangka waktu tertentu akan membuat kualitas cat mobil menurun. Hal ini bisa terlihat dari warna mobil yang tidak lagi terlihat mengkilat dan cenderung kusam.

Hal ini disebabkan adanya kandungan kalsium pada air yang melekat di body mobil tersebut. Hal inilah yang memicu munculnya kerak dan noda pada bagian mobil yang lambat laun akan menghasilkan jamur pada bagian mobil.

Jamur ini memang bisa dihilangkan dengan membersihkan menggunakan zat anti jamur. Namun demikian, jika hal ini sering dilakukan berdampak pada memudarnya cat mobil akibat terkikis cairan penghilang jamur tersebut.

Dengan melakukan body coating mobil, akan menimbulkan efek daun talas. Dimana air yang mengenai body mobil tidak akan melekat dan langsung jatuh ke bawah tanpa ada yang menempel. Dengan demikian, body mobil akan selalu terlihat bersih karena tidak ada kotoran yang menempel bersama air tersebut.

  1. Melindungi Goresan

Risiko terkena goresan merupakan hal yang paling sering terjadi pada mobil. Oleh karena itu, dengan menggunakan body coating mobil, risiko tersebut bisa diminimalisir. Sehingga apabila ada goresan tidak akan merusak cat mobil secara langsung. Namun tentunya hal ini ditentukan pula seberapa tebal lapisan coating yang menempel pada body mobil. Semakin tebal, tentunya akan semakin aman dari goresan.