Ketahui Cara Memilih Mobil Bekas Ini Agar Tidak Tertipu

Apabila kita hendak membeli mobil bekas, tentunya kita harus lebih berhati-hati dibandingkan dengan membeli mobil baru. Memilih mobil bekas yang berkualitas, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian serta pemahaman mengenai mobil itu sendiri. Sebab, dalam membeli mobil bekas, tentu konsumen ingin mendapatkan mobil yang kondisinya baik serta tidak membutuhkan perawatan setelah dibeli nantinya.

Dalam memilih mobil bekas, yang perlu diperhatikan pertama adalah jangan sampai tertipu oleh penampilan fisik dari mobil tersebut. Hal ini terutama jika kita membeli mobil dari showroom mobil bekas atau juga pedagang mobil. Karena biasanya mereka akan berusaha  menampilkan mobil yang mengkilap seakan tanpa cacat dan menutupi kelemahan dari mobil tersebut.

Setelah kita menemukan jenis mobil yang kita ingin beli, kita harus memastikan kelengkapan dokumen dari mobil tersebut. Jangan sampai kita membeli mobil yang memiliki masalah legalitas agar tidak menimbulkan perkara hukum. Periksalah keabsahan dokumen tersebut, mulai dari STNK, nomer mesin, nomer rangka dan plat nomer apakah sesuai dengan dokumen yang ada.

Setelah dokumen dipastikan keabsahannya, mulailah memeriksa kondisi fisik mobil tersebut. Membeli mobil bekas dianjurkan dilakukan pada pagi hari pada saat kondisi mobil masih dingin. Sehingga kita akan mengetahui kondisi asli dari mobil tersebut pada saat oli masih ada di dasar dan mesin belum dipanaskan.

Apabila saat mesin dinyalakan dan muncul asap dari knalpot, ada kemungkinan bagian oli ada yang bocor masuk ke dalam bagian pembakaran mesin. Dengarkan baik-baik suara mesin pada saat kap mesin dibuka. Apabila ada suara yang aneh dari bagian mesin, perhatikan dengan seksama untuk memastikan sumber suara tersebut.

Trik lain dalam memilih mobil bekas adalah dengan melihat casis mobil. Apabila bagian casis masih terlihat utuh dan tidak ada sambungan, maka kondisi mobil berarti belum pernah mengalami tabrakan. Apabila memang sudah merasa cocok, jangan ragu untuk meminta mobil tersebut dicoba berkeliling. Sehingga kita bisa mengetahui kondisi mobil saat dalam posisi berjalan apakah masih normal atau ada masalah khususnya pada bagian kaki-kaki mobil.