Cara Menjaga Interior Mobil Nyaman Berupa AC

Bagi sebagian pemilik mobil, bagian interior mobil dianggap lebih penting untuk diperhatikan daripada eksterior mobil. Hal ini karena apabila bagian dalam mobil terlihat bersih dan menarik, akan membuat seseorang yang berada di dalam mobil merasa betah. Sehingga, perjalanan menjadi terasa nyaman dan tidak membosankan.

Perawatan bagian dalam mobil ini haruslah dilakukan sesering mungkin, terutama dalam kondisi tertentu. Seperti misalnya pada saat musim kemarau, dimana dalam situasi ini akan banyak debu beterbangan dan bisa dengan mudah masuk ke dalam mobil saat ada bagian mobil yang terbuka. Contohnya, ketika kita membuka pintu mobil atau juga jendela mobil.

Debu yang menempel di bagian interior mobil,selain akan membuat pemandangan kurang sedap di dalam mobil, juga bisa menyebabkan kita kurang merasa nyaman berada di dalam mobil. Debu yang melekat akan menimbulkan bau yang kurang sedap pada bagian dalam mobil. Oleh karena itu, bagian dalam mobil harus sering dibersihkan menggunakan alat penyedot debu. Sedangkan bagian dashboard bisa dilap dengan menggunakan lap kanebo.

Perawatan untuk AC

Perawatan bagian AC cukup penting untuk dilakukan. Sebab, AC merupakan alat yang selain untuk mendinginkan suhu juga berfungsi sebagai sirkulator udara dalam mobil. Oleh karena itu, bagian filter AC ini harus dibersihkan secara rutin dan berkala. Tujuannya agar debu yang melekat pada bagian tersebut tidak lagi menyebar ke dalam ruangan mobil.

Bila tidak dibersihkan secara berkala, maka debu kotor yang melekat di bagian filter justru akan kembali masuk ke dalam kabin mobil melalui saluran AC. Selain rajin membersihkan filter AC, usahakan bagian lantai di bagian bawah dasboard sebelah kiri sering dibersihkan. Karena di bagian itulah, udara dalam mobil disedot oleh AC dan disaring oleh filter AC tersebut. Bila bagian tersebut kotor, akan mempercepat kotornya filter AC.

Untuk membuat interior mobil terasa segar, menambahkan parfum bisa dijadikan sebuah solusi. Gunakanlah parfum yang tidak terlalu menyengat baunya. Sebab ruangan mobil tentu tidak seluas ruangan rumah. Sehingga tidak perlu menggunakan parfum yang terlalu kuat karena justru bisa membuat kita tidak nyaman di dalam mobil.